Pages

Rabu, 07 November 2012

BK-WNK


Hari ini kita sedang berhadapan oleh dunia yang baru,yang melahirkan banyak sekali potensi kebaikan , dan banyak banyak sekali membuka peluang keburukan.tidak hanya nasional atau lokal bahkan hingga internasional atau global .

Ali bin Abi Thalib  mengatakan ,” didik dan binalah anak-anak kalian untuk menghadapi era yang berbeda dengan era kalian “

Memang remaja sangat mufdah terpengaruh. Faktor inilah yang seringkali membuat mereka mudah sekali terlibat pada hal-hal yang negatif. Dan tanpa sadar juga mereka terpolarisasi dalam dunia yang mengubah mereka menjadi semakin agresif. Perilaku agresif inilah yang kemudian dapat merubah menjadi kenakaln remaja.

Pengertian kenakaln remaja sendiri yaitu , berasal dari kata dasar (juviniel dalinquency) yaitu suatu perbuatan yang melanggar norma,aturan atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau berahli dari masa anak-anak menjadi dewasa.

           Faktor –faktor pemicuh kenakalan remaja
1.      Gagalnya remaja melewati masa transisinya dari anak kecil menjadi dewasa dan karena lemahnya pertahanan diri terhadap pengaruh dunia luar yang kurang baik pergaulannya.
2.     
  Konfil yang ada di dalam keluarga
3.       Depresi berat yang dialami oleh anak-anak yang akan berahlih menjadi dewasa, yang di sebabkan oleh faktor-faktor dan masalah tertentu
4.       Munculnya tindakan beresiko tinggi dan pada umumnya terjadi pada masa remaja dibandingkan pada masa-masa lain
5.       Kensenjangan sosial , kesenjangan ini sosial ini diakibatkan oleh beberapa faktor ; yaitu faktor ekonomi dan kesenjangan yang lain (rasa sungkan )terhadap sesama teman
6.       Kekerasan rumah tangga
7.       Tingkat pendidikan yang kurang memadahi
8.       Kurangnya pengawasan dan nasihat dari orang tua atau orang di sekeliling kita
9.       Rendahnya kualitas hubungan antara orang tua dengan anak
1.       Perbedaan budaya

Dan inilah beberapa contoh kenakalan remaja yang ada di sekitar kita :
1.       ROKOK
2.       NARKOBA ATAU NARKOTOKA
3.       FREE SEX
4.       ALKOHOL
5.       MINUMAN KERAS.

Diantara beberapa contoh tadi mungkin masih banyak lagi contoh-contoh kenakaln remaja YANG MUNGKIN MASIH BELUM KITA KETAHUI.



by: ekie maulana al-buruuj
 
prodistik x-d

1 komentar: