Pages

Selasa, 16 Oktober 2012

NASEHAT-WNK


ALLAH SWT  berfirman  di dalam al-qur'an pada surat al-baqara ayat 286 
dan nabi pun bersabda "janganlah kamu memberatkan pembantu,bila kami beri tugas ringankanlah"(HR.Bukhari 30 dan Muslim 1661 dari Abu Dzar)
dan nabi pun bersabda " ya ALLAH siapa saja yang mengurusi umatku lalu menyusahkan mereka,maka susahkanlah ia. Dan siapa saja yang mengurusi umatku lalu memudahkan mereka ., maka mudahkanlah ia" (HR. Muslim 1828 dari Aisyah)
Ibnu umar pernah meminta berangkat jihad di perang uhud tetapi beliau menolak. baru pada perang ahdzab beliau mengizinkannya. pada perang uhud usianya baru 14 tahun.


PERHATIKAN KONDISI ANAK , Nabi telah bersabda " jika salah seorang di antara kalian menjadi imam, maka ringankanlah shalatnya,karena (di antara jamaah)ada anak-anak,orang tua, dan orang sakit.bila shalat sendiri, silakan memanjangkan sesuai keinginannya " (HR.Muslim 467 dan bukhari 203 dari Abu Huraira  )
MERINGKANKAN HUKUMAN  . tidak di ragukan lagi bahwa usia anak adalah usia yang sangat labil, dan membutuhkan banyak sekali perhatian dari orng tua ,saudara ,teman , atau kerabata lainnya.maka perhatikanlah kadar nalar mereka (anak-anak).dan bahkan kita menghukumnya
Karena perbuatan yang sepele.dan para ulama' telah mensifati anak-anak dan wanita sebagai orang yang bodoh sebagaimana di dalam al-qur'qn dalam surat An-Nisa' ayat 5 yang berbunyi"janganlaha kamu memberikan hartamu kepada orang-orang bodoh.........".
ALLAH SWT TIDAK MENYUKAI KERUSAKAN , yang artiya adalah bahwa bila anak melakukan kerusakan seharusnya di larang atau di arahkan kejalan yang benar ,di beri nasihat , dan juga arahan yang baik .terkadang kita kasar pada anak pada waktu yang tidak tepat.terkadang tanpa di sadar dan di sengaja kita mencela anak padahal pada waktu itu, anak itu memerlukan pujian dan juga ucapan terimakasih kepada kita.mengapa kita berlaku ZALIM kepadanya?????
MENYEMANGATI ANAK DALAM PERBUATAM YANG BAIK, pemberian semangat pada anak sangat diperlukan sekali untuk anak-anak. karena dengan adanya semangat atau motifasi dapat membuat sikap anak cenderung untuk maju kedepan.contoh - contoh faktor pendorong semangat pada anak yaitu: memberikan hadiah kepada anak , memberi pujian dan ucapan selamat atas keberhasilan yang telah diperoleh,dan juga memberi kepercayaan kepada anak.


by: ekie maulana al-buruuj
 
prodistik x-d

0 komentar:

Posting Komentar